Wednesday, August 14, 2013

Meditasi, Berbicara dengan pikiran

Persoalan hidup yang kompleks seringkali membuat kita rentan terkena stress. Jika sudah seperti itu, banyak dari kita melakukan apa saja untuk dapat menghilangkan stress. Misalnya saja mengunjungi berbagai tempat yang indah dan tenang, curhat sana-sini, konsul ke psikiater, atau mungkin cukup mengunci diri dalam kamar sambil nangis (yep, that's me!).
Dari berbagai cara yang dilakukan demi menghilangkan stress atau tekanan, meditasi adalah salah satu cara sederhana yang patut dicoba untuk menghilangkan stress. Dengan membersihkan alam pikiran melalui kekuatan konsentrasi, otak akan rileks dan segar kembali. Tak perlu keluar uang atau air mata. Cukup konsentrasi ;)

Meditasi telah banyak dilakukan orang di dunia selama lebih dari ratusan tahun lamanya. Berdoa, yoga, t'aichi, latihan pernafasan dan masih banyak lagi metode lainnya yang mengandalkan pada kekuatan konsentrasi. 

 
Posisi duduk: 
Duduklah secara nyaman dengan posisi punggung tegap. Atur waktu 10 menit atau bisa juga diberi batas hingga 30 menit, lalu tutuplah kedua mata. Biarkan alam pikiran anda terhenyak beberapa saat dan aturlah nafas secara perlahan namun teratur. Tetaplah fokus. Jangan bernafas terlalu dalam jika merasa pening.

Berhitung
Nafas teratur dapat dilakukan dengan cara, menghitung setiap kali menghembuskan nafas. Dimulai dari hitungan 'satu' saat menghembuskan nafas pertama, kemudian hitungan 'kedua' pada hembusan nafas selanjutnya. Lakukan hal yang sama sampai hitungan ke-10.

Bernafas secara fokus
Cara sederhana untuk mengatur pernafasan dapat dilakukan dengan menghirup dan menghembuskan nafas melalui hidung. Sebagai alternatif, dapat juga melakukan berbagai metode latihan pernafasan lainnya.

"Mantra"
Ketika  secara perlahan menghembuskan nafas melalui hidung, ucapkan dalam hati kata-kata yang menyejukkan atau kata yang mampu memotivasi. Namun, membaca Istighfar atau kalimah Allah lainnya akan lebih baik.

Berpikir seperti seekor kera
Selama melakukan meditasi, biarkan pikiran kita berlari bebas seperti seekor kera yang tak punya rasa takut ketika melompati ranting pohon satu ke ranting lainnya. (*atau, kalo ga suka kera pikirkan tentang apa saja yang membuat bebas. u can imagine to be wind or water. yaaah.. kalo itu semua bikin bingung, abaikan! dan kembali konsentrasi)

1. Cobalah bermeditasi dengan jadwal teratur setiap harinya. (Meditasi dapat dilakukan sebelum beraktivitas di pagi hari.)
2. Pilih satu metode meditasi yang dilakukan setiap harinya. 
3. Lepaskan semua persoalan yang memenuhi pikiran. Beberapa orang membayangkan untuk 'membungkus' masalah tersebut dalam sebuah gelembung, lalu membiarkan gelembung itu pergi sejauh mungkin. Tenangkan kembali pikiran untuk melakukan meditasi.
4. Adakalanya saat melakukan meditasi muncul bayangan yang cukup mengganggu. Maka, biarkanlah bayangan itu mengalir seperti ketika melepaskan segala persoalan dalam gelembung. dan tetap konsentrasi.
5. Lakukan cara-cara tersebut meskipun tak selalu mudah untuk di praktekkan. Yakinlah. Jika terbiasa, maka banyak mafaat yang bisa diperoleh.

-Semoga Bermanfaat-


Sumber:
- Kartika Kencana 57. Agustus 2004.
-  http://www.sehatnews.com/healthy-women/21656-mari-mulai-belajar-meditasi.html
- http://www.naqsdna.com/2011/02/meditasi-seni-mendengarkan-intuisi.html
- http://theneveraloneprincess.com/2013/05/08/stress-is-eating-me-alive/


Post a Comment